Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan kompetisi tahunan jenjang SMK tingkat nasional yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud. LKS tahun ini dilaksanakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 14 s.d 19 Mei 2017. Sebanyak 1.111 siswa SMK yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia hadir untuk bersaing menunjukkan skill-nya sesuai dengan bidang keahlian masing-masing pada 56 bidang lomba.

SMK Telkom Purwokerto dan SMK Telkom Jakarta berhasil meraih juara dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2017. Kedua SMK yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini menjuarai lomba dalam kategori Telecom Distribution Technology.

SMK Telkom Purwokerto yang diwakili oleh Puji Apriyanto berhasil meraih juara 1 dengan perolehan skor nyaris sempurna yaitu sebesar 99. Sementara SMK Telkom Jakarta yang diwakili oleh Ardiansyah Eka Sakti juga berhasil membawa pulang piala juara ke-3 dengan total perolehan skor sebesar 79.

Puji dan Ardiansyah berhasil menang setelah merangkai sebuah alat layanan telekomunikasi menggunakan fiber optic dengan hasil akhirnya yaitu layanan fiber optic yang dirancang dapat berjalan dengan baik. Penilaian lomba didasarkan pada dua kriteria yaitu Kompetensi Jaringan Akses dan Kompetensi CPE (Customer Premises Equipment) yang ditentukan oleh 3 Juri yang berasal dari kalangan industri dan kalangan akademisi. 

Menurut Kepala Sekolah SMK Telkom Purwokerto Widyatmoko yang diwawancarai di tempat terpisah pada Rabu (24/05), SMK Telkom Purwokerto langsung ditunjuk oleh pihak provinsi sebagai perwakilan untuk mengikuti LKS tahun ini. SMK Telkom Purwokerto pun mengadakan seleksi kepada murid untuk dijadikan perwakilan dan menjalani persiapan lomba.

“Persiapan lomba itu disiapkan selama 3 bulan. Setelah kisi-kisi lomba dari panitia keluar, maka guru berserta tim langsung mempersiapkan siswa untuk menghadapi lomba,” jelasnya.

Atas kemenangan ini, Widyatmoko berharap dapat menjadi dorongan bagi SMK Telkom Purwokerto untuk terus berprestasi di lomba-lomba yang lain.

“Untuk kedepannya saya harap lomba-lomba dapat terus diikuti baik lomba akademik maupun non akademik sehingga dapat memperkuat positioning SMK Telkom Purwokerto sebagai SMK Telematika terbaik di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Selain SMK Telkom Purwokerto dan SMK Telkom Jakarta, beberapa SMK dibawah naungan Telkom juga memenangkan tahap seleksi untuk dipilih menjadi perwakilan di setiap provinsi dalam mengikuti ajang LKS tahun ini. SMK yang terpilih adalah SMK Telkom Bandung, SMK Telkom Medan, dan SMK Telkom Makassar. (Purel/YPT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.