Korupsi sudah menjadi kata yang tidak asing lagi di negeri kita ini . Bagaimana tidak di tahun 2010 Indonesia  pernah menduduki Peringkat Pertama sebagai Negara Terkorup di Asia Pasifik (hasil survey yang dilakukan oleh  “Political & Economic Risk Consultancy” (PERC) – Hongkong dan Transfarency Internasional – Jerman dimuat di Nusantara News 9 Maret 2010).  Seiring waktu dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia  maka tahun  2016  dalam  Corruption Perceptions Index  yang  dimuat The Daily Mail pada Kamis (28/1/2016) menjelaskan bahwa sebutan negara terkorup tersebut akhirnya bergeser  karena Indonesia bisa melewati  Filipina, Vietnam, dan Myanmar (sumber:http://suryamalang.tribunnews.com/2016/12/16)

Program Sosialisasi  & Literasi Anti Korupsi

Banyak kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh pemerintah yang menyasar ke semua kalangan masyarakat. Anak-anak sebagai generasi bangsa tak luput dari kegiatan tersebut. Dalam mensosialisasikan Anti Korupsi kepada anak-anak ada kiat-kiat khusus yang perlu dipedomani oleh para orang tua dan guru. Sejalan dengan itu, Yayasan Pendidikan Telkom menggelar acara Literasi Anti Korupsi diperuntukkan bagi guru dan kepala sekolah agar penyampaian sosialisasinya mengena dan efektif bagi anak didik.

Acara dilaksanakan  di Hotel Bukit Indah Paza Purwakata pada akhir Maret 2017 dan dibagi dalam 2 kelas yaitu  untuk guru dan Kepala Sekolah TK dan SD dan kelas ke-2 untuk  SLTP setingkat ke atas dengan peserta  para guru dan kepala sekolah Telkom Schools dari berbagai daerah. Khusus di kelas TK dan SD hadir dan memberikan materi utama adalah Bapak Dony wakil dari Pusat Pembelajaran Anti Korupsi.

Sosialisasi Anti Korupsi untuk siswa PAUD & SD

Dalam  pemaparannya  Pusat Pembelajaran Anti Korupsi  mengupas bagaimana memupuk  sikap Anti Korupsi sejak dini agar generasi penerus bangsa terhindar dari sikap-sikap yang menjurus ke arah tindakan korupsi.  Bahwa menyampaikan sosialisasi Anti Korupsi kepada anak-anak tidak bisa dilaksanakan dengan serta merta seperti menggunakan kalimat langsung yang disosialisasikan namun harus disampaikan secara tidak langsung melalui penanaman nilai yang dikemas dalam program pembelajaran, pembiasaan di sekolah maupun dalam dan display-display di sekolah dan keterlibatan orang tua dalam aksi Anti Korupsi.

 

Kegiatan dapat dilaksanakan secara bertahap sehingga penting sekolah membangun Gerakan Sekolah Berbudaya Jujur.  Setiap sekolah sudah semestinya  memiliki visi dan misi yang in line dengan semangat anti korupsi atau nilai-nilai integritas kemudian diimplementasikan melalui berbagai kegiatan antara lain KBM, pembiasaan, ekstrakulikuler, pelaksanaan evaluasi pembelajaran, penerimaan peserta didik baru, tata kelola sekolah dan keteladanan guru dan orang tua.

 

Ada 9  (Sembilan) Nilai Pendidikan Anti Korupsi Dalam Gerakan Literasi Sekolah Di TK dan SD yaitu Jujur- Peduli- Mandiri- Disiplin-Tanggung jawab-Kerja Keras- Sederhana-Berani-Adil

 

Sedangkan aksi  Gerakan Literasi  Anti  Korupsi yang dapat diimplementasikan di sekolah adalah :

  1. Membiasakan membaca buku non pelajaran selama 15 menit  sebelum kegiatan pembelajaran di mulai
  2. Menyediakan sudut buku bacaan di setiap kelas.
  3. Menciptakan lingkungan kelas dan sekolah kaya teks.
  4. Melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah.

Tanggapan Peserta

Nurhafifah, Kepala Daycare  Telkom Schools di Bandung  menanggapi bahwa tidak hanya guru  saja yang menanamkan 9 nilai anti korupsi namun  juga oleh orang tua dalam keseharian anak di rumah  sehingga kedepannya akan terbentuk insan yang berkarakter anti korupsi.

Rismaneswati Hafid, Kepala TK Telkom Makassar menyampaikan bahwa sebagai guru sangat  penting untuk menanamkan nilai dasar anti korupsi  kepada anak didik dalam kehidupan sehari-hari. Sembilan nilai anti korupsi tersebut sebagian telah dilaksanakan sehingga tinggal memperkuat dan menambahkan saja. 

Dalam acara ini juga para kepala TK dan guru belajar bagaimana mengemas permainan dan penyiapan media pembelajaran Anti Korupsi yang menarik minat anak belajar dan mendalami nilai-nilai anti korupsi dalam praktek permainan. Kegiatan berlangsung sangat menarik dan memberi inspirasi untuk lebih menanamkan karakter mulai kepada para peserta didik sedini mungkin. Terima kasih kepada Pusat Pembelajaran Anti Korupsi yang telah mensosialisasikan program di Telkom Schools(BR)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.