SMK Telkom akan menjadi pusat pembelajaran mikrotik, dari tujuh SMK Telkom  yang tersebar di seluruh Indonesia tiga diantaranya sudah memiliki mikrotik akademi yaitu Malang, Jakarta dan Bandung.

SMK Telkom Malang sudah mempunyai mikrotik akademi sejak tahun 2014, sedangkan mikrotik akademi SMK Telkom Jakarta dan SMK Telkom Bandung baru saja diresmikan tepatnya pada 27 dan 28 Januari 2015 lalu. Selanjutnya mikrotik  akademi training  akan diresmikan di SMK Telkom Medan, Banjarbaru, Makasar dan Purwokerto.

SMK Telkom Jakarta dan SMK Telkom Bandung juga mendapatkan hibah dari MIKROTIKLS LATVIA berupa 20 router mikrotik yang nantinya akan digunakan di mikrotik akademi sekolah masing-masing. Selain itu juga guru-guru yang telah lulus jadi assesor mendapatkan sertifikat berstandar internasional.

Ketua Telkom Foundation Ir. Dwi S. Purnomo, M.M menuturkan kegiatan ini sesuai dengan visi misi yayasan, menjadi yayasan  bermutu dalam bidang pendidikan dengan standard internasional untuk pembentukan insan yang berkarakter unggul.  “Kami akan senantiasa melakukan improvement education selaras dengan kompetensi kebutuhan human resources di dunia kerja dalam membangun peradaban bangsa,”katanya.

Direktur Primary & Secondary Educations Telkom Foundation Ir. Rina D. Pasaribu, Msc menjelaskan sebelum bisa menjadi penyelenggara akademi mikrotik, sekolah harus memiliki assesor bersertifikasi internasional. Untuk itulah Telkom Foundation bekerjasama dengan MIKROTIKLS LATVIA menyelenggarakan pelatihan, pesertanya berasal dari perwakilan guru dari seluruh SMK Telkom. Selanjutnya dengan lulusnya guru-guru menjadi assesor berarti sekolah bisa membuka mikrotik akademi.

“Akademi ini diperuntukkan bagi siswa, bukan untuk profesional. Nantinya selain siswa sekolah yang bersangkutan. Siswa dari luar sekolah juga bisa menimba ilmu disini, kalau mau belajar mikrotik ayo datang ke SMK Telkom,”katanya.

Kepala SMK Telkom Jakarta Putut Purwanto merasa bangga sekolahnya bisa jadi penyelenggara mikrotik akademi training, terlebih katanya akademi semacam  ini merupakan yang pertama ada di Jakarta untuk tingkat pendidikan menengah atas.  “Adanya mikrotik akademi diharapkan dapat meningkatkan kualitas sekolah dan meningkatkan kompetensi siswa menjadi semakin baik,”jelasnya.

Senada dengan Pak Putut, Kepala Sekolah SMK Telkom Bandung Daduk M. Mansur mengatakan dengan adanya akademi miktorik ini siswa semakin diuntungkan, terlebih menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).  “Dengan punya kompetensi lebih, nantinya siswa tak akan kesulitan untuk terjun di dunia kerja yang sangat ketat persaingannya,”katanya mengakhiri pembicaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *