Apa sebenarnya yang dipersepsikan Deswaty Syakroni, S.Pd.,M.Si, Kepala TK Telkom Baturaja menanggapi tentang Kemandirian Sekolah yang disampaikan oleh Ir. Dwi S Purnomo, MM. – Ketua Yayasan Pendidikan Telkom menjelang pelaksanaan Rakordik YPT di Purwakarta 29-30 Maret 2017 nanti. Kepala sekolah ini dalam wawancaranya menjawab arti mandiri bagi sekolah adalah mampu menjalankan operasional sekolah secara mandiri bahkan mengangkat nama  sekolahnya sehingga mampu bersaing dengan sekolah sejenis di daerahnya.

 

Setelah 10 tahun memimpin TK Telkom Baturaja, PNS Diknas ini tak surut semangatnya dalam  memasarkan sekolahnya agar bisa mencapai target PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) seperti yang dia sepakati dengan Yayasan Pendidikan Telkom. Selain menyebarkan brosur, promosi radio  juga menebarkan cerita bagus disertai bukti kongkritnya tentang kualitas TK Telkom.

 

Kecintaannya dengan dunia pendidikan mendorong istri dari H. Hairil Gandi (pensiunan Telkom) menerima tugas rangkap selain sebagai Kepala TK Telkom Baturaja juga   mengajar murid kelas V di SD N 01 Sekolah Model  dengan 24 jam pelajaran juga terpilih sebagai  assessor akreditasi sekolah.  Tahun 2016 TK ini melaporkan memiliki 24 prestasi  dari tingkat kecamatan sampai dengan provinsi. Dia mengaku bahwa prestasi juga merupakan media untuk menarik minat orang tua menyekolahkan anaknya di TK Telkom selain kualitas pembelajaran dan sarana yang memadai sehingga target PPDB 100 %  di tahun ini yakin bisa dilewati.

 

Mengenai operasional sekolah tidak ada kendala karena Yayasan telah memberikan Rencana Kerja Anggaran untuk operasional sekolah sehingga tinggal bagi tugas dengan guru-guru dan pegawai sekolah demikian juga dengan program pembelajaran telah terprogram sesuai kesepakatan pelaksanaan tema dengan yayasan. Bagaimana pembagian waktunya? “Pagi di TK siang di SD”. Bagaimana kalau ada tugas ke luar kota sebagai assessor atau rapat penting di Yayasan? “kontrol sekolah secara rutin lewat CCTV dan pesan WA ke guru-gurunya.

 

 Apa kiatnya memimpin TK? Kepala TK yang juga guru SD ini menjawab :  Keiklasan dalam melaksanakan tugas modal utama juga guru-guru yang mencintai bidangnya. Sehingga ajakannya untuk bekerja penuh semangat selalu mendapat dukungan dari semua guru.  Para guru telah bekerja sama saling mendukung dan profesional dalam melaksanaan tugas utama maupun tugas tambahan yang dibebankan. Guru baginya adalah motor penggerak sekolah maka Kepala TK ini merasa bukan apa-apa tanpa usaha dan kerja keras dari guru-guru.

 

TK  Telkom Baturaja menjadi favorit di Baturaja karena  letaknya yang strategis di dekat keramain Pasar juga memiliki fasilitas yang  lengkap seperti kelas berAC & dilengkapi toilet, kolam renang dan CCTV.  Meskipun TK ini merasa bahwa kolam   kurang memadai karena kurang luas, tanpa atap dan  pagarnya pendek namun merupakan kekuatan sekolah karena menjadi penarik orang tua. Sampai Maret ini sudah tercatat 39 % tercapai dari target PPDBnya. (BR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.