Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 lalu menjadi moment yang spesial bagi Kepala SMA Telkom Bandung, Tatang Taryana. Pasalnya pada hari itu, dirinya dinobatkan sebagai Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi 2016 tingkat Kabupaten Bandung. 

 

Rasa haru pun menyeruak dalam hatinya, terlebih saat menerima piagam penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Naser. Dirinya pun mengaku tak menyangka dapat menyandang predikat tersebut dan akan mewakili Kabupaten Bandung di tingkat Provinsi. 

 

“Alhamdulilah, ini amanah dan saya harus membawa nama baik Yayasan dan Kabupaten Bandung,”ucapnya.

Pak Tatang menuturkan kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan, sehingga menjadi sosok yang harus memberikan motivasi dan tauladan. Salah satunya melalui prestasi, sehingga dengan mudah dapat mendorong anak didik untuk berprestasi juga. 

 

“Predikat sebagai kepala sekolah berprestasi bukan menjadi tujuan, bukan juga piala atau piagam penghargaan yang dikejar. Tapi bagaimana aplikasi dalam keseharian. Guru / kepala sekolah itu digugu dan ditiru dari prestasinya,”ungkapnya.

 

Baginya, untuk membentuk siswa yang berprestasi maka harus didukung guru yang berprestasi juga. Hal ini katanya diawali dari Kepala Sekolah yang berprestasi. Dimulai dari guru/kepala sekolah sendiri, sehingga siswa memiliki panutan yang baik. Untuk itu, prestasi harus menjadi budaya di sekolah, sehingga kualitas pendidikan di SMA Telkom Bandung bisa terus meningkat. 

 

“Iklim sekolah pun harus mendukung agar anak berprestasi. Kami memiliki VISI (BIRU) akronim dari Berdisiplin, Integritas Tinggi, Religious dan Unggul. Semuanya merupakan satu kesatuan, perpaduan keempatnya menghasilkan lulusan yang berkualitas excellent,”pungkasnya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.