Baru-baru ini siswa siswi  kelas  11 SMK Telkom Lampung  mulai melaksanakan Prakerin.  Siswa-siswi kelas 11 ini diserahkan oleh Kepala Sekolah kepada Manager HR & CDC Lampung – Bapak Agung Rahmat Zulkarnain untuk mendapat latihan kerja merupakan angkatan 3 yang diberangkatkan Prakerin.  Sebagai  lulusan sekolah yang disiapkan untuk langsung terjun ke dunia industri, maka pelaksanaan Prakerin merupakan program yang utama dan tidak boleh ditinggalkan oleh siswa. Para siswa siswi SMK Telkom Lampung yang melaksanakan prakerin mendapatkan ilmu baru khususnya di bagian pengembangan jaringan fiber optic.  

Seperti kita ketahui bahwa SMK Telkom Lampung merupakan SMK yang baru berusia 3 tahun hadir di tengah masyarakat Pringsewu Lampung. Sekolah yang merupakan kerjasama Yayasan Pendidikan Telkom dengan Yayasan Majapahit ini saat ini memiliki 125 siswa. Angkatan ke 3 Prakerin siswa di laksanakan di Telkom Lampung,  menurut pengamatan siswa-siswi nampak  bersemangat mengikuti program prakerin dengan dikenalkan pada dunia kerja dan dikenalkan dengan jaringan fiber optik.

 

Praktek Kerja Industri atau yang disingkat Prakerin  adalah kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa – siswi SMK (sekolah menengah kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan, pembelajaran dan pelatihan siswa – siswi  dalam rangka meningkatkan mutu siswa – siswi dalam dunia kerja yang sesuai bidangnya.

Pembekalan Sebelum Prakerin

Dalam prakteknya, siswa – siswi yang terlibat dalam kegiatan prakerin tentu akan mendapatkan bekal terlebih dahulu dari pembimbingnya masing – masing disekolah. Pembekalan ini biasanya berupa pengetahuan – pengetahuan dasar seputar dunia usaha atau industri yang akan digeluti siswa – siswi SMK yang sesuai dengan jurusannya. Sehingga, siswa- siswi SMK mampu beradaptasi dan menghadapi kendala – kendala yang mungkin terjadi dalam kegiatan prakerin serta kemungkinan berhadapan dengan pengetahuan – pengetahuan baru yang belum pernah dipelajarinya di sekolah kejuruan.

Selain pembekalan dari pembimbing, siswa – siswi SMK juga akan mendapatkan mata pelajaran khusus yang berkaitan dengan prakerin. Metode yang dilakukan dalam kegiatan belajar ini, dapat berupa ceramah verbal dalam penyampaian informasi, diskusi, tanya jawab, mencatat, mengumpulkan tugas mata pelajaran, presentasi kakak kelas yang telah berpengalaman dalam kegiatan prakerin hingga menghadirkan nara sumber langsung dari dunia industri atau usaha untuk berdiskusi langsung dengan siswa – siswa SMK.

Tujuan   dan Manfaat  Prakerin

Manfaat.co.id  sebuah situs on line mengupas Apa Manfaat Prakerin ini?  Program Prakerini ditujukan untuk :

  1. Melatih dan mengasah keterampilan siswa – siswi dalam dunia kerja;
  2. Menambah pengetahuan siswa – siswi tentang dunia kerja;
  3. Membentuk mental siswa – siswi dan memberi motivasi agar serius dan bersemangat dalammencapai cita- cita;
  4. Menambah kreativitas siswa – siswi untuk mengembangkan bakat dan minat.

Manfaat Bagi Siswa

Dalam prakteknya Prakerin tidak hanya bermanfaat bagi siswa namun juga bagi sekolah dan perusahaan / lembaga yang menerima Prakerin. 

Bagi siswa Prakerin sangat bermanfaat karena selain siswa dibentuk oleh perusahaan memiliki keahlian professional melalui  keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman, juga mengasah keterampilan yang di berikan sekolah menengah kejuruan (SMK). Pengetahuan dan gagasan – gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal didapat selama siswa mengikuti Prakerin.

Dengan pengalaman kerja selama Prakering siswa akan terbentuk pola pikirnya lebih kontruktif tidak hanya teoritis. Selain itu siswa juga belajar menjalin kerjasama, belajar beradaptasi dan belajar mengatur waktu secara efisien  dalam dunia kerja sehingga pada akhirnya akan menjadi tenaga kerja yang terlatif dan profesional.

Manfaat Bagi Sekolah

Sedangkan manfaat Prakerin bagi sekolah sendiri  adalah meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat, meningkatkan popularitas sekolah dan kontribusi nyata sekolah dalam menyalurkan tenaga kerja bagi perusahaan/lembaga masyarakat.

Bagi perusahaan, manfaat Prakerin yaitu  mendapatkan tenaga kerja sementara , mendukung program pendidikan pemerintah serta meningkatkan citra perusahaan. Pingin tahu lebih banyak tentang SMK Telkom Lampung silahkan klik link berikut : https://www.smktelkomlampung.sch.id (BR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.