Bangsa kita sudah lama memiliki kebiasaan-kebiasaan kurang kondusif untuk menjadi bangsa  yang unggul. Tentu kita semua ingin mengubahnya agar cita-cita menjadi bangsa yang unggul dapat terwujud. Bangsa yang unggul di bangun oleh manusia berkarakter. Namun, mendidik  siswa berkarakter bukanlah upaya mudah dan cepat.  Perlu ada upaya terus menerus agar menjadi aksi nyata membentuk watak dan kebiasaan seseorang.

Sebagai upaya mendidik calon generasi bangsa yang unggul, SMK Telkom Banjarbaru menekankan pada pola pembinaan kedisiplinan siswa melalui ‘Operasi Tutup Gerbang 07.30’. Di program ini, siswa tidak bisa mengikuti perkuliahan usai pukul 07.30, karena pada jam tersebut gerbang sekolah sudah ditutup. Kepala Sekolah SMK Telkom Banjarbaru Bapak Abdul Karim menyampaikan,

“Program ‘Operasi Tutup Gerbang  07.30’ berhasil menurunkan trend keterlambatan siswa. Dengan demikian, resiko keterlambatan dirasakan langsung oleh siswa,” ungkap Bapak Karim. Setiap terlambat siswa akan mendapat poin yang akan terakumulasi jika siswa terlambat lagi. Akumulasi ini berlaku dalam satu kali semester. Tak hanya itu,  SMK Telkom Banjarbaru pun menanamkan karakter kepedulian lingkungan melalui program ‘Operasi Kelas Bersih’. Di mana siswa-siswi bertanggung jawab atas kebersihan kelasnya dan membentuk kelompok piket kelas.

 “Sebelumnya kebersihan kelas menjadi tanggung jawab  petugas cleaning services.  Kini mereka bertanggung jawab atas kelasnya sendiri dan membentuk piket kelas. Dengan begitu,kami ingin menumbuhkan karakter kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar.

Melalui dua program ini, SMK Telkom berhasil masuk 50 besar sekolah terbaik se-Indonesia pada  program Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa oleh Direktorat Pembinaan SMK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Proses seleksinya sejak awal Juni lalu Jakarta, Surabaya dan Makasar.  Dari 450, dipilihlah 100 sekolah yang mempunyai Proposal Pengembangan terbaik. Dari 100 sekolah tersebut, dipilih 50 sekolah terbaik, dan berhak mempresentasikan pelaksanaan Pendidikan Karakter di sekolahnya pada acara Diseminasi Manajemen dan Pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 di di Cipayung Bogor. Acara itu berlangsung sejak Selasa- Kamis (28-30/10) dan SMK Telkom berkesempatan untuk mempresentasikannya.

Ada 18 unsur nilai-nilai dalam pengembangan karakter bangsa yang telah ditentukan oleh Diknas, di antaranya religious, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri demogratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan rasa tanggung jawab.-risca

Leave a Reply

Your email address will not be published.