Sebanyak 28 anak berhasil dikhitan pada acara Bakti Sosial Khitanan Masal, Minggu (19/10/2014), di kampus SMP Telkom Bandung (d/h SMP Sandhy Putra). Khitan masal diselenggarakan oleh Ikatan Alumni  (IKA) SMP Telkom Bandung. Selain bakti social,  ikatan alumni yang berdiri sejak 2013 lalu ini menyelenggarakan khitan masal sebagai ajang silaturahmi  sesama alumni, guru, kepala sekolah dan pihak Telkom Foundation.

Panitia penyelenggara khitanan  masal ini seluruhnya dari almuni SMP Telkom Bandung yang tergabung dalam IKA. Mereka adalah alumni mulai dari lulusan tahun 1982 sampai tahun 2000 termasuk alumni lainnya. Civitas akademika SMP Telkom Bandung pun turut berpartisipasi membantu berlangsungnya kegiatan ini.

Awalnya, sekitar 30 anak terdaftar sebagai peserta khitan masal, namun ada dua anak yang terpaksa tidak ikut karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk dikhitan. Anak-anak ini dikhitan oleh dr. Ius Yuziana, OH.Med. MM.Kes, dokter spesialis khitan  yang merupakan alumni IKA SMP Telkom Bandung. Ia tidak sendiri, bersama rekan-rekan dokter lainnya melakukan khitan terhadap anak-anak tersebut. Biaya penyelenggaraan khitanan masal ini berasal dari para donatur para alumni SMP Telkom Bandung, sebesar 20 juta rupiah.

Ruang PMR/UKS SMP Telkom Bandung pun mendadak jadi ruang operasi khitan. Tampak kegembiraan tersirat dari keluarga peserta khitan masal. Sambil menunggu anaknya di khitan, para orang tua dihibur oleh berbagai kesenian Sunda seperti Paguyuban Pencak Silat dan performance akustik oleh alumni SMP Telkom Bandung, dan tari jaipong oleh siswa SMP Telkom Bandung. Di tengah acara tersebut, turut hadir pula Direktur PSE Telkom Foundation Ibu Ir. Rina D. Pasaribu MSC. CPM. dan VP Early & Primary Educatian Bapak Jauharun Niam.

Dalam sambutannya, Ibu Rina menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan mulia ini. Berbagi dan menyelaraskan potensi yang ada dilingkungan Ikatan Alumni SMP Telkom Bandung dengan warga sekitar yang membutuhkan dalam bentuk silaturahmi, melestaikan budaya Sunda dan Khitanan Masal. Ini merupakan bentuk implementasi Core Value Telkom Foundation yaitu Harmoni yang diharapkan terus membudaya dilingkungan pendidikan dibawah Telkom Foundation. Kedepan, kegiatan  bhakti sosial khitanan masal ini akan dijadikan agenda tahunan IKA SMP Telkom Bandung.- risca/kont : Almun/Niam

Leave a Reply

Your email address will not be published.