Workshop ke-3  Penyelenggaraan Kelas Ikatan Dinas  Access Fibre Optik

Bertempat di SMK Telkom Bandung,  VP .  Secondary and Vocational Education Yayasan Pendidikan Telkom membuka Workshop Evaluasi Access Fiber Class  (AFO) yang berlangsung selama 2 (dua hari) dari tanggal 27 hingga 28 September 2017 .  Workshop ini diikuti oleh guru-guru  pemegang program Klas AFO yaitu dari SMK Telkom Medan 1, SMK Telkom Malang, SMK Telkom Bandung, SMK Telkom Banjarbaru dan SMK Telkom Makassar.

 

Arahan dan Pesan dari YPT dan Telkom Akses

Dalam sambutan pembukaannya Yanuariadi K Baskoro – VP SVE mengharapkan program Klas AFO dapat memberikan yang terbaik untuk TELKOM. Tentu dalam pelaksanaan klas ini di sekolah masing-masing mengalami kesulitan dan kendala akan terpecahkan melali pembahasan di workshop ini.

Amar yang mewakili PT Telkom Akses mengingatkan kembali arti pentingnya Klas AFO ini untuk mendukung pencapaian target Telkom.  Tahun ini dari 145 siswa  yang tercatat mengikuti program ini baru 81 siswa yang mendapat kontrak ikatan dinas dari Telkom karena 64 siswa sisanya masih menunggu waktu pencapaian usia seperti yang dipersyaratkan dalam peraturan  ikatan dinas dari PT Telkom.  Di lapangan meskipun yang terjaring tidak semua siswa jurusan TJA namun dalam output di lapangan siswa TJA lebih mudah dalam pelaksanaannya.  Masukan evaluasi terhadap materi disampaikan adalah materi Kabel Tembaga yang ga diperlukan lagi karena itu perlu diusulkan diisi dengan materi paket keahlian.  Disarankan juga para siswa Klas AFO dapat menjuarai olah raga di ajang Telkom Group  tingkat Nasional sehingga akan lebih mendorong siswa tersebut berineraksi dengan aktifitas Telkom Group sebelum terjun dalam dunia kerja di Telkom.

 

Arti Penting Lulusan Klas AFO bagi bisnis Telkom

Seperti kita ketahui sejak tahun 2016, Yayasan Pendidikan Telkom bekerja sama  dengan  PT Telkom Akses memberikan  bea siswa bagi siswa-siswi SMK Telkom yang lulus tes seleksi Klas AFO.  Pemberian ikatan dinas kelas AFO ini dilatarbelakangi oleh PT Telkom Akses membutuhkan tenaga terampil sebanyak 20.000 SDM bersertifikasi untuk mendukung pencapaian Target Indihome 3 juta di tahun 2016.

Angkatan Pertama Kelas AFO  telah  memasuki dunia kerja di Telkom Akses dan tahun Pelajaran  ini tercatat 145 siswa yang tergabung dalam program ini tersebar di 7 SMK yang dimiliki Yayasan Pendidikan Telkom. Dalam workshop ini dilaksanakan selain  diharapakan penyelenggara antar sekolah dapat melakukan sharing keberhasilan  juga  membahas permasalahan lapangan program Klas AFO untuk perbaikan sehngga tujuan dari pembukaan ikatan dinas klas AFO ini benar-benar dapat tercapai sesuai target waktu dan kebutuhan industri  PT  Telkom Akses.

Salah satu peserta  Workshop  Hirga Ertama Putra  salah satu guru produktif dari SMK Telkom Malang yang mengikuti Workshop tersebut menjelaskan bahwa merasa tertantang menyiapkan lulusan Klas AFO  karena selain  pengaturan waktu yang padat dan  menggunakan waktu di luar jam pelajaran SMK, siswa klas AFO dituntut untuk disiplin dalam penggunaan waktu agar tetap berkualitas dalam belajar dan tidak sakit.   Hari ke-2 Workshop ini adalah Penyelesaian Kesepakatan-kesepakatan para peserta Workshop untuk perbaikan Klas AFO. (Br)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *