Gen Alpha ? Ya, itulah generasi yang saat ini berada di usia PAUD (lahir setelah 2010). Sekitar 2,5 juta Generasi Alfa lahir setiap minggu. Membuat jumlahnya akan membengkak menjadi sekitar 2 miliar pada 2025. Setiap generasi memiliki tantangan dan keunikan masing-masing, dan kelompok generasi yang sama memiliki kemiripan.

Dalam rangka mempersiapkan kondisi tersebut, Telkom Schools pada tgl 8-9 Agustus 2019 mengadakan workshop kurikulum bekerja sama dengan P4TK TK&PLB Bandung dengan tema : Winning the Competition by Create Distinctive Value for PAUD Telkom Schools, yang diikuti oleh 16 kepala sekolah PAUD Telkom Schools dari seluruh wilayah indonesia. Acara worshop dibuka oleh Direktur Primary and Secondary Education, Bpk. Anang Turyandono, S.E., M.I.Kom dan didampingi oleh Kabid Fasilitas Peningkatan Kompetensi P4TK TK&PLB Bpk. Dr. H. Agus Djaja Dihardja, M.Pd

Para Kepala Sekolah dibekali pengetahuan tentang bagaimana meng-create sebuah value di sekolah menggunakan instrument BMC (Business Model Canvas), kemudian diskusi siapa itu generasi Alpha, apa itu pembelajaran HOTS, ketrampilan Abad-21, muatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) serta pemanfaatan Loosepart. Selain itu juga diberikan materi bagaimana mengkomunikasikan distinct value sekolah melalui digital marketing kemudian diberikan pula motivasi bagaimana menjadi Great Leader sebagai penggerak kemajuan sekolah.Nara sumber untuk kegiatan tersebut terdiri dari nara sumber P4TK TK&PLB Bpk. Dadang Supriatna serta narasumber internal Bpk. Widyatmoko dan Bpk. Hendy Adriyanto.

Kegiatan workshop ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan dari para Kepala Sekolah Paud Telkom Schools tentang distinctive value yang telah dirumuskan yang selanjutnya akan dituangkan dalam dokumen kurikulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *