Suasana Saat Launching Telkom Schools

Pada Kamis, 23 Januari 2014 lalu, Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT), yang telah berdiri selama 34 tahun, meresmikan logo Telkom Schools di Aula SMK Telkom Jakarta di Jl. Daan Mogot Km. 11 Jakarta Barat, dengan target inti peningkatan kualitas pendidikan.


 


Logo Telkom Schools

Unit pendidikan yang sebelumnya menggunakan brand “Sandhy Putra”, saat ini berubah menjadi “Telkom Schools” dengan peresmian dilakukan antara lain oleh Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie.

Juga oleh Ketua YSPT dan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Johni Girsang, M.Sc, Vice President Corporate Finance PT Telkom Indonesia Tbk, Gatot Rustamadji (mewakili Honesti Basyir, Direktur Keuangan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang juga Ketua Dewan Pembina YSPT), Walikota Jakarta Barat Fatahillah, serta Pimpinan YSPT dan YPT.

Tujuan rebranding untuk membangun semangat dan citra baru sekolah dalam mengikuti perkembangan saat ini. Sekaligus menciptakan layanan pendidikan terintegrasi, mulai pendidikan anak usia dini hingga pendidikan vokasional berkualitas sebagai perwujudan konsep One Pipe Education System (OPES). Telkom Schools juga diproyeksikan menjadi feeder bagi Telkom University.

Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie mengatakan, peluncuran logo jangan sekedar ganti baju. Tetapi harus bisa memenuhi dua tuntutan pendidikan yakni menjadikan manusia yang semakin dekat kepada Allah Swt sebagai tujuan primer.

“Sementara tujuan sekundernya jadikan pendidikan sebagai human investment. Yakni membentuk manusia manusia profesional sesuai bidang ilmunya, mampu berpikir logis, sistematis, serta mampu mengolah data menjadi informasi,” katanya saat memberi sambutan.

Di sisi lain, sambung Jazidie, peresmian Telkom Schools juga didorong mampu membentuk karakter siswa dengan pembiasaan berbagai program yang positif di sekolah. Karakter positif akan menjadi pembeda utama satu sumber daya manusia dengan lainnya.

“Jangan lupakan pula kreativitas dan inovasi, karena itu jantung memenangkan persaingan saat ini ataupun di masa depan. Ingat, di tahun 2030, kita butuh 115 juta pekerja ahli (skills workers) ketika Indonesia masuk 4-5 ekonomi terbesar dunia,” ungkapnya.

Direktur Dikdasmen YPT Ibu Imelda Tirra Usnadibrata mengatakan, dalam acara itu dilakukan pula penandatanganan Piagam Kerjasama/PKS. Yakni antara pihaknya dengan Bandung Techno Park (BTP), juga dengan Telkom Professional Development Centre (PDC) untuk pengembangan Telkom Schools Training Center di seluruh Kawasan Technoplex se-Indonesia, serta PT.Telkomsel dalam bidang implementasi teknologi dan pengembangan SDM di seluruh SMK Telkom.

Pengembangan yang sedang dilakukan Telkom Schools adalah implementasi Kurikulum 2013 dengan sokongan digitalisasi untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi antara guru, murid, dan orangtua yang diberi nama Digital Collaborative School (DCS) program.

Juga, peresmian Pilot Project Telkom Schools “SMK Telkom Jakarta” untuk rencana pembangunan asrama siswa dengan berbagai program mentoring sebagai bagian program pembangunan karakter calon lulusan Telkom Schools.

Ibu Imelda mengatakan, peresmian Telkom Schools akan makin menguatkan potensi prestasi civitasnya. Apalagi, beragam prestasi telah diraih selama puluhan tahun.

“Prestasi terbaru pencapaian prestasi akreditasi tertinggi di Jawa Barat oleh SMK Telkom Pariwisata Bandung untuk 3 jurusannya serta pencapaian di tingkat Internasional dari SMK Telkom Malang di Mozilla, Amerika Serikat,” ujarnya.

Adapun publikasi terkait Telkom Schools di media massa pasca acara hingga kemarin ada 24 buah dengan rincian sebagai berikut:

1. Publikasi di media cetak (URL kliping di ypt.or.id akan disusulkan): 

1a. Koran umum Media Indonesia
1b. Koran ekonomi Investor Daily
1c. Koran ekonomi Neraca
1d. Koran umum Sinar Harapan
1e. Koran umum Radar Bandung
1f.  Koran umum Radar Bekasi

2. Publikasi di media massa online: 

2a. Majalah SWA

2b. Okezone.com


2c. Wartaekonomi.co.id
http://wartaekonomi.co.id/berita23262/telkom-perkuat-dukungan-sektor-pendidikan.html

2d.  Merdeka.com
http://www.merdeka.com/teknologi/telkom-perkuat-dukungan-terhadap-dunia-pendidikan.html

2e. Jawa Pos
http://www.jpnn.com/read/2014/01/24/212665/Telkom-Perkuat-Sektor-Pendidikan

2f. Solo Pos
http://www.solopos.com/2014/01/24/foto-peluncuran-logo-baru-telkom-school-menunjukkan-logo-baru-telkom-school-484329

2g. Harian Jogja
http://www.harianjogja.com/baca/2014/01/24/foto-peluncuran-logo-baru-telkom-school-menunjukkan-logo-baru-telkom-school-484329

2h. Kendarinews.com
http://www.kendarinews.com/content/view/12451/126/

2i. Koran Indonesia
http://koran-indonesia.com/2014/01/konsep-edukasi-satu-pipa-di-telkom-schools

2j. Kabarindo.com
http://www.kabarindo.com/?act=single&no=33056

2k. Siapbelajar.com
http://siapbelajar.com/pendidikan-harus-bikin-siswa-berintelektual-berkarakter/

2l. Plasa.msn.com
http://berita.plasa.msn.com/nasional/jpnn/telkom-perkuat-sektor-pendidikan

2m. Lintas.me
http://www.lintas.me/design/infographic/telkomsolution.com/perkuat-sektor-pendidikan-telkom-rilis-logo-baru-telkom-schools-it-solution-it-news-business-solutions

2n. Telkom Solution
http://www.telkomsolution.com/category/keyword/telkom-schools
http://www.telkomsolution.com/news/it-solution/perkuat-sektor-pendidikan-telkom-rilis-logo-baru-telkom-schools

Adapun jika Bapak/Ibu ingin melihat animasi terkait Telkom Schools di Youtube adalah sbb:
http://www.telkomschools.sch.id/2014/02/animation.html

Sekedar informasi, Warta YPT edisi besok akan bahas semua hal soal Rapim YPT-YSPT Triwulan I 2014 24 25 Januari 2014, termasuk materi presentasi yang bisa dibaca bersama. Demikian, terima kasih atensinya, maaf jika ada yang kurang berkenan. Wassalam

Salam hormat,

Muhammad Sufyan & Latifah Subarkah
Tim Purel Legal YPT

Leave a Reply

Your email address will not be published.