Sudah pernah update belum info tentang SMK Telkom Lampung? Kalau belum ini infonya.  Baca yaa…

SMK ini didirikan oleh  Yayasan Pendidikan Telkom (waktu itu masih Yayasan Sandhykara Putra Telkom) pada  20 Mei 2014. Sekolah yang merupakan kerjasama dengan Yayasan Majapahit (YAPEMA). Lokasinya ada di  Jl. Raya Desa Kecamatan  Gadingrejjo  Kabupaten  Prinsewu –Kode Pos  35372

Sekolah ini dipimpin oleh Bambang Supriyadi, S.T dan timnya terdiri  21 guru dan 4 tenaga administrasinya. Guru-guru hanya sebagian kecil aja belum S1 (2  dari 21) bahkan ada salah satu guru yang sudah S2.  Dari 21 guru tersebut   yang sudah memiliki sertifikasi ada 3 orang guru mengajar IPA, TKJ dan Kimia.  Jumlah   murid  saat ini 125 siswa  terbagi dalam 3 prodi dan 3 jenjang kelas X, XI dan XII.

Meskipun sekolah ini merupakan sekolah pola kemitraan YPT  dengan YAPEMA namun modul-modul pembelajarannya mengacu pada SMK yang dimiliki Yayasan Pendidikan Telkom. Pada awal berdirinya  rasio PPDBnya  1:1.2  demikian juga pada tahun ke-2 pendaftarnya melebihi target namun yang masuk hanya 28 dari 77 pendaftar (39% dari target 72).  Kondisi ini sudah menjadi perhatian yayasan dalam supervisinya.  Penyebabnya harus dievaluasi secara komprehenship untuk memjawab permasalahan ini  dari sudut internal maupun eksternal.

Tahun ini  SMK Telkom Lampung menargetkan PPDB 160 siswa dengan perhitungan siswa akan lulus sebanyak 41 siswa dan melanjutkan 84  tambah siswa baru 160 sehingga student body Tahun Pelajaran 2018/2019  sejumlah 244 siswa. 

 

Bagaimana Mencapai  Target  2018?

Kepala Sekolah mengaku optimis dengan target yang akan dicapai. Langkah optimis ini ditempuh karena melihat pasar yang masih besar di Kabupaten Prinsewu.  Menurut salah satu guru meskipun di Kabupaten Prinsewu ada 4 sekolah berdekatan jaraknya dari 700 meter sd 1.000 meter dengan sekolah SMK Telkom namun jumlah alumni dari SMP menunjukkan angka 10.000 siswa menjanjikan keberhasilan PPDB. Bila lulusan ini ditangkap oleh 53 SMK ( 33 sekolah di Pringsewu dan 20 sekolah di Pesawaran) maka masing-masing sekolah akan mendapat murid 188 siswa (bila dapat murid merata)

Peluang lainnya  sekolah-sekolah favorit yaitu SMK Pelita yang berjarak dengan SMK Telkom Lampung hanya 4 km  karena daya tampung terbatas sehingga  yang tidak bisa tertampung di SMK Pelita bisa diterima di SMK  Telkom Lampung.  

Usaha keras yang dilakukan SMK Telkom adalah dengan :

  1. Mengadakan kegiatan untuk mendapat kepercayaan masyarakat
  2. Mencetak lulusan sekolah yang berkualitas sehingga penyerapannya tinggi di dunia kerja
  3. Mencarikan lapangan kerja bagi lulusan
  4. Gencar melakukan marketing promo sekolah baik melalui wali murid, brosur, spanduk dan radio

Salah satu contoh kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini di  SMK Telkom Lampung yaitu Peringatan Tahun Baru Islam  dengan menggelar Tablik Akbar dan Pemberian Santunan kepada 93 siswa kelas  SMP yang yatim piatu.  Semoga berhasil !!! (BR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.